Pages

04 April 2016

Gerakan Yoga untuk Anak

Foto: Flickr

Yups, ternyata yoga tidak hanya baik untuk orang dewasa, lho. Anak-anak pun bisa melakukan yoga. Yoga untuk anak-anak bukanlah sekadar latihan fisik, namun yoga juga dapat membantu buah hati Anda untuk belajar mengendalikan emosinya. Selain itu, yoga dapat menjadi alternatif pilihan aktivitas yang menyenangkan bagi anak dan orang tua.

Giselle Shardlow, founder Kids Yoga Stories, menulis bahwa yoga untuk anak memiliki banyak manfaat, di antaranya yaitu:
  • meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas,
  • membantu anak untuk relaks dan mengurangi kegelisahan,
  • membantu anak tidur lebih baik,
  • menambah interaksi antara orang tua dan anak,
  • meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasar anak,
  • meningkatkan koordinasi tubuh,
  • mengembangkan kepercayaan diri.

Anda bisa dengan mudah menemukan kelas yoga untuk anak-anak di mesin pencari Google, seperti Kids Yoga Jakarta dan Yoga Leaf Kids & Teens. Namun, Anda pun juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Cukup siapkan karpet spons atau alas lain yang aman. Selain itu, lakukanlah yoga di tempat dengan ruang gerak yang cukup agar buah hati Anda tidak membentur kursi, meja atau benda lainnya.

Oh ya, tidak perlu khawatir meskipun Anda sendiri belum pernah melakukan yoga karena aktivitas ini sangat mudah untuk dilakukan. Anak juga tidak perlu dipaksa untuk langsung menguasai dan menirukan gerakan dengan sempurna. Biarkan saja anak Anda mencoba dan biarkan ia merasa nyaman dengan gerakannya. Anda dapat membantu buah hati Anda untuk menyempurnakan gerakannya dengan mencoba lagi di lain waktu.

1. Pose Pendekar
Foto: Childhood 101
Mulailah dengan posisi berdiri, lalu langkahkan satu kaki ke belakang. Angkat kedua tangan ke samping dan tekuk lutut kaki yang berada di posisi depan. Wajah menghadap ke depan. Lakukan bergantian dengan sisi kaki yang lainnya.











2. Pose Pohon
Foto: Childhood 101
Berdirilah dengan satu kaki, lalu kaki lainnya ditekuk dengan menempatkan telapak kaki di sisi dalam paha kaki yang berdiri. Angkat kedua tangan ke atas dan satukan telapak tangan. Cobalah untuk menyeimbangkan tubuh dan ulangi gerakan untuk sisi kaki lainnya.










3. Pose Kursi
Foto: Childhood 101
Mulai dengan berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Tekuk lutut dan jaga agar punggung tetap lurus. Lalu angkat kedua tangan ke atas lurus dengan punggung.












4. Pose V Terbalik
Foto: Childhood 101
Berdiri tegak lalu tekuk tubuh ke arah depan. Tempatkan kedua telapak tangan di atas lantai. Kemudian langkahkan kaki ke belakang sehingga badan membentuk huruf V terbalik.












5. Pose Bijaksana
Foto: Childhood 101
Duduk bersimpuh dengan melipat kaki ke belakang dan duduk di atas tumit. Kemudian miringkan badan bagian atas ke arah kanan dan kiri.












No comments:

Post a Comment